Laman

PDAM Tirta Bina Gandeng PT Pos dalam Program Payment Point

RANTAUPRAPAT, SLR : Kamis, 4 April 2012 menjadi sejarah baru bagi PDAM Tirta Bina Labuhanbatu dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Pos Indonesia dalam program Payment Point. Program ini merupakan bentuk layanan pembayaran rekening air bagi pelanggan PDAM Tirta Bina Labuhanbatu. Dengan program ini, direncanakan mulai bulan Mei 2013 mendatang seluruh pelanggan PDAM Tirta Bina dapat membayar rekening air bersih di seluruh kantor atau agensi Pos di seluruh Indonesia secara online. Penandatanganan yang dihadiri oleh Manajer Area Jasa Keuangan Sumut-Aceh, Hercules beserta rombongan didampingi pimpinan PT Pos Cabang Rantauprapat, Asmin Deli dan para staf bertempat di Rumah Makan Garuda jalan SM Raja, Aek Tapa, Rantauprapat. Dari pihak PDAM Tirta Bina Labuhanbatu hadir Direktur, H. Amin Prasetyo, MM beserta beberapa Kasubag dan staf. Sebelum acara penandatanganan MoU, didahului simulasi teknis penerapan aplikasi payment point oleh Divisi IT Area Sumut-Aceh, Arman. Menurut Arman dalam paparannya, aplikasi ini sangat mudah penerapannya. Pihak PDAM hanya perlu menginput data seluruh pelanggan beserta tagihannya, di dalamnya termasuk hutang pelanggan, denda maupun angsuran, selanjutnya data tersebut di konversi ke aplikasi yang disediakan PT Pos, utuk selanjutnya diolah secara online se-Indonesia. Sementara itu, Hercules menjelaskan bahwa aplikasi ini dapat dikembangkan mulai dari bentuk host to host hingga direct hosting. Dengan program ini pelanggan PDAM Tirta Bina Labuhanbatu dapat membayar rekening air di kantor dan agency PT Pos di seluruh Indonesia. PDAM Tirta Bina merupakan perusahaan yang ke-84 yang terdaftar dalam program PT Pos di Indonesia. Untuk Sumatera Utara dari seluruh PDAM yang ada, baru PDAM Tirta Bina yang menerapkan program aplikasi ini. PDAM Tirtanadi Medan rencananya akan menyusul, ujar Hercules. Bagi H. Amin Prasetyo, MM sendiri selaku Direktur PDAM Tirta Bina Labuhanbatu mengaku bahwa dengan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam pembayaran rekening air pelanggan sangat menguntungkan pihak PDAM. Selain dapat meningkatkan efisiensi yakni menghilangkan biaya pencetakan rekening, juga dapat lebih mentertibkan administrasi rekening pelanggan. Selain itu, juga mengurangi resiko yang timbul jika penanganan rekening dilakukan secara manual seperti selama ini. Di sisi lain, personal staf di PDAM akan termotivasi untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensinya khususnya di bidang teknologi informasi dan komputerisasi. Untuk mempersiapkan penerapan program ini, PDAM telah melakukan pembenahan manajemen secara bertahap, mulai dari penyediaan perangkat komputer, menyiapkan personal yang memiliki keahlian di bidang komputer serta bekerja sama dengan berbagai pihak dalam melakukan sosialisasi, termasuk media cetak dan radio.(AR). Teks foto : Direktur PDAM Amin Prasetyo (kiri) dan Kepala Area Jasa Keuangan PT Pos IndonesianKantor Area I Sumut-Aceh, Herkules (kanan) saat menandatangani MoU program Payment Point di rumah makan Garuda Rantauprapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar